Lencana Facebook

Jumat, 06 Februari 2015

4 days 3 nights at Singapore with Legendary Voice (LV)

Ok.. ini pertama kalinya gw ke Singapura dan 1 kalimat dr gw, trip kali ini bener2 nekat!!! Knp nekat? gw pergi aja dadakan dan sedikit memaksa diri utk pergi. hahahaha.. kalau gw ceritain dr awal nanti panjang banget, intinya ini serba nekat deh. jd posisi gw lg pulkam ke kalimantan barat, nah kebetulan gw sama tmn gw yg 1 daerah memang udah punya rencana pengen ngetrip ke singapura sejak lama dan puji Tuhan kesampean jg bersama member Legendary Voice ala BACKPACKER!

Legendary Voice? apa itu? Legendary Voice itu salah 1 club/clan di game online yg gw mainkan. hahahaha ya ya ya diantara semua member yang bs berangkat buat meet up bareng di singapura ya hanya kami saja.

sekalian promo gpplah ya
Gw awalnya iseng search tiket di traveloka utk penerbangan CGK-SIN dan PNK-SIN, eh gw liat ada yg murah jd gw ngeBBM ke tmn gw ini ngajakin dy buat ngetrip di bulan januari 2015 ini berangkat langsung dr Pontianak. Dan dy ternyata mau, okey trs gw langsung hubungin tmn gw yg notabene emang udah sering bgt ke singapura. Gw tanya berbagai info ttg negara itu. And you know what? Tmn gw pengen ikutan ngetrip bareng dan setelah ngerundingin berbagai macam hal jdnya dy ikut jg ngetrip bareng gw.

Dan gw putuskan berlibur selama 4 hari di singapura bersama 3 teman gw yg cetar membahana (syahrini kalah kayaknya). Berangkat tgl 25 januari dan pulang tgl 28 januari 2015. Gw dapat tiket murah utk keberangkatan CGK-SIN dgn maskapai Tiger Air seharga Rp 254.176,- dan tiket pulang dgn maskapai Jetstar Airways seharga Rp 689.867,- (seharusnya gw bs dpt harga dibawah ini sih tp karena belinya mepet sama jadwal berangkat jd harganya naik).

Hokinya gw, tmn gw ini punya apartment di Singapura jd setidaknya gw sedikit lebih berhemat krn tidak mengeluarkan uang extra untuk penginapan. Tp gw hanya menginap di apartment dr tgl 25-27 januari, tgl 27-28 gw dan 2 tmn gw menginap di hostel di daerah chinatown namanya Backpackers Inn Chinatown seharga Rp 229.719,- /malam dgn tipe kamar twin plus one room (1 kamar isinya 3 org). Gw nginap di hostel krn tmn gw yg punya apartment harus pulang ke jakarta duluan soalnya tgl 28 nya dy UAS. Tuh kurang nekat apalagi coba gw sama tmn2 gw?? Hahahahaha..

voucher penginapan buat tgl 27 januari
tiket keberangkatan by Tiger Air
tiket pulang by Jetstar

Mengapa gw pilih pesan dr traveloka? 1 kata, "MUDAH". gw gk ribet mesti pake CC (credit card) lagi klo pesan dari website resmi maskapainya. Apalagi untuk tiket pulangnya itu dalam mata uang dollar singapura. Ya tmn2 gw punya CC tp sifatnya turunan. mksdnya turunan itu apa? silahkan googling aja. Jd agak ribet kmrn urusannya klo pake CC.

Note:
  • Kurs mata uang saat gw tukar S$1 = Rp 9.500,-
  • Total biaya yg gw keluarkan Rp 1.173.762,-


DAY 1

Gw berangkat ke bandara Soekarno Hatta jam 05.30 WIB. Nyampe bandara sekitar jam 6 lewat gitu, dengan biaya taksi Rp 130.000,- dan biaya tol Rp 14.000,- terus gw sama 2 teman gw sarapan di restaurant cepat saji karena kelaperan. hahahaha. Setelah itu kami pun check-in di terminal 2D. Sampailah kami di depan counter check-in maskapai tiger air, dan ketika proses check-in terjadi sesuatu hal yang sedikit tidak menyenangkan. Ibu2 yg bertugas di counter itu melihat passport gw dan 1 teman gw yg masih kosong dan bilang kalau kami harus menyiapkan uang Rp 4.000.000,- /orang dgn alasan takut di tanya di bagian imigrasi di singapura (?).

Dy bilang: "nanti takutnya kalian dipulangkan karena kalian gk bawa uang cukup kan sayang kalian udah beli tiket pulang, soalnya banyak yg di pulangkan". Dalam hati gw ngomong, yaelah bu gw jg udah perkirakan pengeluaran gw brp selama disana, dan uang yg gw bawa cukup utk gw hidup disana selama 4 hari. Ya gw ditanya sama ibu itu bawa uang berapa, dan gw jawab "saya membawa uang sekitar S$160" dengan tidak menyebutkan berapa uang rupiah yang ada di dompet gw. Gak percaya gw hanya bawa uang segitu? yakin bs hidup di singapura dgn uang segitu? kan di sana mahal biaya hidupnya!! Nih gw kasi fotonya :3

gw hanya bawa S$160
Proses check-in selesai dan tidak lupa jg membayar airport tax sebesar Rp 150.000,- (maklum di Indonesia masih memisahkan biaya airport tax dgn biaya tiket pesawat). Setelah proses check-in selesai, gw sama tmn gw mau gk mau terpaksa ambil uang lg dr ATM bersama sampai total uang yg kami bawa sejumlah yg td ibu itu sebutkan sehingga gw dibebani lg dgn biaya pengambilan di ATM bersama sebesar Rp 15.000,- dan nyatanya sesampainya gw di imigrasi singapura gw LOLOS tanpa ditanya masalah keuangan! org imigrasinya hanya bertanya 1 hal ke gw, "tadi dari Jakarta?" dan gw spontan jawab "ya" sambil senyum kece (?).

kecepetan masuk ruang tunggu dan blm dikasi ijin masuk
Singkat cerita, gw pun tiba di Changi Airport. melewati imigrasi dan menunggu tmn gw buat jemput krn salah 1 teman gw yg ikutan liburan bareng gw udh duluan berangkat drpd gw dan tmn2 gw yg lain. Oh iya nanti di pesawat dibagiin tuh lembar untuk diisi semacam VOA (visa On Arrival) gitu. itu sangat penting diisi karena tanpa itu kalian tidak bs masuk ataupun keluar dari singapura. Kalau kalian lupa ambil VOA yg dibagikan di pesawat kalian bisa isi di bandara kok sebelum ke imigrasi ada stand tempat pengisian, disana juga terpampang jelas tutorial pengisiannya.

Baru pertama ke singapura seperti gw? gk perlu takut! semua petunjuk disana jelas pake banget! takut kesasar ada peta yg dibagikan gratis di bandara. Tinggal ambil aja, petanya ada di dalam brosur gitu lengkap banget dan di print dalam berbagai bahasa, bahkan ada bahasa indonesia juga. Gw sih ngasi saran kalian ambil 2 brosur aja cukup, brosur "Singapore visitop MAP an official map of singapore" dan brosur "welcome to changi airport". karena dr semua brosur yg gw ambil 2 brosur itu merupakan brosur yg paling lengkap infonya untuk lokasi wisata di singapura dan untuk mengetahui letak counter maskapai pesawat ketika nanti kana pergi dari singapura. Pengen lebih aman? instal aja tripadvisor singapore city guide!!! sumpah ini aplikasi berfungsi banget!! karena aplikasi ini yang paling membantu gw mencari jalan. Dan kecenya, aplikasi ini tuh bs bantu nunjukin arah (GPS) meskipun lu lg offline internet. Oh iya gw gunain aplikasi ini di smartphone android. Mau aplikasinya? download aja SINGAPORE CITY GUIDE.

tulisan selamat datang di samping imigrasi bandara changi
semacam VOA (visa on arrival)
nulis ulang VOA nya karena gw ngerasa ada data yg salah isi

jiwa narsisnya muncul, foto2 dulu di Changi Airport

 di depan imigrasi di bandara Changi
Ez-link seharga S$12 dengan rincian harga kartu S$5 dan saldo S$7
brosur yang gw saranin buat diambil
Dari bandara Changi gw menuju ke apartment tmn gw di daerah simei menggunakan MRT. Yaps itu membuat gw harus membeli Ez-link, ya gw sih pilihnya Ez-link krn bs digunakan lg dilain waktu klo misalkan gw kembali lg ke singapura. Harga Ez-link nya S$12 dengan saldo S$7 di dalamnya. Loh S$5 nya kmn? ya itu harga kartunya. Gw juga sekalian top-up S$10 jadi saldo gw S$17.

kartu perdana SingTel
Sebelum ke apartment gw beli kartu perdana SingTel untuk internetan selama gw singapura. Kartu perdana seharga S$15 dengan total pulsa S$18 (gk kayak indonesia harga kartu perdana selangit isinya hanya 2rb, mentok2 paling banyak juga 5rb). Akhirnya gw aktivasi paket internet untuk 3 hari seharga S$15 dengan kuota 6GB untuk gw share bersama 2 teman gw. Jadi kami patungan beli kartu S$5 /orang. Gila sampai gw pulang ke Indonesia pun kuotanya gk habis padahal yang gunain 3 orang karena emang lebih fokus untuk jalan2 drpd dengan medsos dan mengingat juga harus menghemat batrai hp. Beda dgn ketika gw di Indonesia, 2GB aja 3 hari habis. lol

Sampai di apartment, beres2 barang istirahat bentar terus siap2 buat jalan2 keliling singapura. tapi sebelum jalan selfie2 dulu dong di apartment hahahaha.

selfie kece di apartment
Sebelum jalan dan berhubung juga udah siang, perut pun lapar akhirnya makan di food court dekat apartment. Lupa apa namanya yg pasti makanan disini murah, bahkan makanannya lebih murah dibandingkan dengan cemilannya. *cakarin meja*

nih lagi pesan makanan di food court dkt apartment. makan siang itu habis sekitar S$4.5 tp gw hanya bayar S$4 aja dan 5 sen nya di traktir eci
Tujuan hari pertama adalah Bugis > clarke quay > merlion park > esplenade > marina bay sands > garden by the bay > the helix bridge. Tadinya mau ke kampung glam, eh nyasar jauh banget jalan kaki dr bugis ke lavender, gempor cuy!!! sempat naik bus juga tp gw lupa turun dimana itu pokoknya masih di daerah bugis (secara daerah bugis luas banget cuy). Alhasil hopeless karena ternyata kelewatan kampung glamnya, udah capek dan malas kembali jadi kami dr lavender station langsung naik MRT lg menuju raffles place station melanjutkan destinasi selanjutnya untuk walking tour merlion sampai dengan garden by the bay tp sebelumnya gw dan eci membeli air minum karena susah mendapatkan air gratisan (air kran) yang katanya banyak di singapura seharga S$2 jadi kami membayar S$1/orang. Di clarke quay gw menemukan pedagang es potong yg terkenal di singapura. Dan beli (lebih tepatnya ditraktir teman gw yang c***** dan baik hati) es potong itu seharga S$1,2. Yang jual oma2 gitu dan mereka hanya bs bahasa mandarin.

at Singapore River
sedih!! merlionnya malah underconstruction!! tuh yg biru2 dibelakang

masih di samping merlion tp marina bay sands nya kelihatan dr sini
twins!!
selfie lah pokoknya

another view from esplenade bridge
let's take a picture
dari esplenade bridge jelas banget pemandangan "downtown" nya

pemandangan setelah melewati esplenade bridge
the helix bridge
another view from the helix bridge
di the helix bridge
di bawah jembatan the helix bridge menuju garden by the bay
lagi otw garden by the bay eh kelihatan singapore flayer
deket banget ini sama MBS
perjalanan menuju garden by the bay, karena kemaleman jd pas di taman utamanya gelap gk bs foto2
Ya hari pertama di tutup dengan makan malam di food court di Marina Bay Sands, makan + minum seharga S$10. Sebelum pulang ke apartment menggunakan MRT, gw top-up lagi S$10 (rencananya utk persiapan utk 4 hari)

Note: 
  • Biaya di bandara Indonesia Rp 309.000,-
  • Ez-link S$12
  • Kartu SingTel S$15 dibagi 3 orang = S$5
  • Makan siang S$4
  • Air mineral S$2 bagi 2 orang = S$1
  • Makan malam di Marina Bay Sands S$10
  • Top-up Ez-link S$10
Total biaya yg dikeluarkan Rp 309.000,- ditambah (S$42 × 9500) = Rp 399.000,- sehingga total pengeluaran hari ke-1 adalah Rp 708.000,-

DAY 2

Niatnya bangun pagi dan berenang di apartment! Apa daya yg lain pada kelelahan jalan kaki, hahahaha gw? lelah? KAGAK! gw bawanya have fun sih, jd meskipun sebenarnya kaki gempor tapi rasa lelah itu hilang aja pokoknya. Ya di hari ke-2 ini gw ngajakin buat keliling pulau sentosa dan orchard. Ya niatan gw ke sentosa island sih hanya buat foto2 kece di depan bola dunia yg ada di depan USS (Universal Studio Singapore) yg terkenal bgt itu, ke merlion yg ada di sentosa (berhubung yg di merlion park lg renovasi), sama ke pantai siloso.

Keluar apartment gw menuju East Point (mall dkt apartment) buat sarapan di food court mall dan gw beli semacam sate gitu enak rasanya. Biaya yg gw keluarkan untuk sarapan S$6 (seharga kalau makan berat). Selesai sarapan gw langsung menuju Vivo City Mall dgn menggunakan MRT tujuan Harbour Front Station. Sampai disana karena sudah siang jadi sebelum ke sentosa island kami makan siang dulu di food court vivo city mall. Biaya makan siang gw S$9.

makan siang di food court Vivo City Mall
Selesai isi perut kami langsung menuju sentosa station yang notabene ada di dalam vivo city mall di lantai 3 a.k.a level 3 mall. Di sentosa island sendiri ada 3 station: waterfront station, imbiah station dan beach station.

Jusss jussss jusssss jussssss.. hanya beberapa menit saja sampailah kami di station pertama a.k.a waterfront station. Disini itu ya isinya USS dan beberapa toko souvenier. Gak pikir panjang langsung meluncur keluar station untuk mengabadikan momen2 penting *hahahaha bahasa gw*. Jepret sana jepret sini sampai puas!!!

plang informasi tentang station di depan pintu masuk LRT

di depan waterfront station

dari waterfront station jalan lurus terus ke arah kiri ketemu lake of dreams

di depan lake of dreams, dan gw gk tau kalau naik keatas sana ada apa
niatnya mau foto bareng di depan lake of dreams tp apa daya ketutupan hahahaha

memasuki kawasan pertokoan dan cafe
front of candylicious

di depan bola dunia USS, foto tampak belakang katanya lebih kece 100% jd gw upload yg ini aja

narsis di depan gerbang Universal Studio Singapore

Setelah puas, sebenarnya sih kepanasan!! sumpah panas banget. Akhirnya melanjutkan ke station selanjutnya yaitu imbiah station. disini foto2 di depan tulisan sentosa dan di depan merlion sentosa. dan gw baru tau kalau di belakang patung merlionnya ada taman yang bagus banget. Aaaah sayang buru2 karena sudah mulai sore juga dan blm ke pantai dan harus ke orchard lg. Karena kelelahan akhirnya kami nongkrong di KFC yang ada di dekat situ. Gw hanya beli minum doang seharga S$1,5.


sayang banget itu lagi di cat ulang jd mau foto di situ jg agak malas karena di kasi tali pembatas

selfie dulu lah ya





Terus kami lanjut ke station terakhir untuk menuju siloso beach. Pantainya biasa aja gk ada yang spesial sebenarnya. Hanya pengen foto2 di depan tulisan silosonya aja kok. hahahahaha soalnya kece sih kalau buat foto.

keluar LRT menuju pantai
menemukan ini dan langsung minta fotoin :3
yang menandakan bahwa anda sudah di kawasan siloso beach
plang penunjuk arah dan gw gk tau palawan beach seperti apa
selfie!!!
say cheers!! ^o^
iseng aja nulis nama club game disini
lagi2 foto tampak belakang itu membuat kekecean gw bertambah 100%. uupss lagi2 ada tulisan perichu ya itu nick gw di game

at siloso beach sedih karena tulisan LV nya gk kelihatan

Berhubung udah semakin sore akhirnya balik lg ke sentosa station tidak lupa gw isi ulang botol minuman gw (mumpung ada air gratisan) untuk lanjut ke orchard station karena mau lanjut menyusuri kawasan orchard road. Seperti biasalah gw selalu jd biang kenarsisan dgn selfie di LRT. hahahahaha.
selfie di LRT
Sesampainya kami di kawasan orchard, gw sama tmn2 pergi dulu ke beberapa toko yang ada di dalam mall. Air minum gw habis dan lagi2 gw bawa botol minum dengan sia2. Di kawasan orchard susah bgt dapetin air munum gratis!! Sepanjang orchard road itu dipenuhi oleh mall sampai bingung mau masukin yang mana. kami masuk ke Zara karena ada yg mau di cari ternyata barangnya sold out dan di sini terjadi sesuatu hal yg kocak (cukup kami saja yg tau kejadian itu). Terus gw ngajak masuk ke H&M kali aja ada diskon. Lumayan kan kalau ada diskon, karena barang yg ada di singapura blm tentu ada di Indonesia kan meskipun brand nya sama. Cek dan ricek ternyata hanya beberapa item yang harganya miring. Barang yg gw suka malah gk diskon! eh gw ngeliat ada snapback! nyobain dan suka!! ujung2nya gw beli juga tuh snapback seharga S$14,90. Keluar dr 1 mall yg langsung terhubung dengan orchard station ternyata kami ada di mall di sebrang ION orchard. Ya apalagi yang dilakukan kalau bukan foto2. hahahahaha.

snapback yang gw beli
3 kaos harganya S$10 (bukan nawar tp memang dr tokonya segitu) at least bahannya dan sablonannya ok!!

ION Orchard

yes! we're Legendary Voice

foto lagi dan lagi
gk lengkap klo di orchard road gk foto sama plang nya #LOL

selfie (?)

lupa ini foto di depan apaan

Semakin malam dan perut pun semakin lapar. Akhirnya kami makan di food court di sekitar orchard road. Makan malam gw sekitar S$8,8 yang rasanya FAIL!! gw nyesal beli makanan india. Gw gk nyangka ternyata rasa kari nya gk cocok di lidah gw. Setelah memberikan makan ke warga kampung tengah a.k.a perut, gw sama tmn gw lanjut ke yg namanya Lucky Plaza. Ya pusat oleh2 di kawasan orchard. Disana banyak oleh2 yg harganya murah. Gw pun membeli baju kaos dgn simbolik I LOVE SG yg harganya S$10 dapat 3 kaos. Lelah jalan seharian kami pun memutuskan untuk pulang. Sebelum pulang gw cek sisa saldo di Ez-link gw dan ternyata sisa S$4,59 jadi karena ini baru hari ke 2 jadi gw harus top-up lagi biar gw bs jalan2 menggunakan MRT/Bus untuk 2 hari kedepan a.k.a sampai gw pulang ke Indonesia. Dan akhirnya gw top-up lagi S$10 karena top-up minimumnya segitu. :')
saldo gw bertambah jd S$14,59 dengan masa berlaku kartu sampai 16/10/2020
Kami kemudian kembali ke apartment untuk beristirahat, mempersiapkan energi untuk keesokan harinya. ^o^

Note:
  • Sarapan S$6
  • Makan siang S$9
  • Minum di KFC S$1,5
  • Snapback S$14,9
  • Makan malam S$8,8
  • Belanja kaos SG S$10
  • Top-up Ez-link S$10
Total pengeluaran di hari ke-2 adalah S$60,2 × 9500 = Rp 571.900,-


DAY 3

Laper di tengah malam? Udah seperti kebiasaan buat kami. Hahahaha tiba2 aja temen gw bilang "fer, gw laper". Tanggapan gw? "Ayoookkk kita makan!!!". Untungnya di dekat apartment ada food court yg buka 24jam jadi kami bs isi perut disitu. Biaya makan + minum yg gw keluarkan sebesar S$6.

Hari ketiga ini gk bs lanjut jalan2 seharian seperti 2 hari kemaren. Knp gitu?? Ya karena tmn gw yg punya apartment harus pulang lebih dulu ke Indonesia karena besoknya dy UAS!!! WKWKWKWKWK kurang nekat apalagi kami semua? Jadi jadwal hari ini kami beres2 apartment dan anterin temen gw ke bandara changi (sebut saja Tere), Tere yg mana sih orgnya? Tere itu yang paling sexy dibandingkan kami semua tapi tetap gw yg paling tampan kok! *apasih fer* #plaaaakk

Sebelum beres2 kami sarapan di food court dekat apartment, biaya yg gw keluarkan S$4,7. Setelah mengisi energi kemudian kami kembali ke apartment utk beres2 apartment dan barang2 kami semua kurang lebih sampai jam 3 sore. Kami kemudian mengantarkan tere ke bandara changi. Tapi sebelum ke bandara kami gk ketinggalan buat narsis2an di apartment. Hahahaha. Makasih ya tere udah di bolehin tinggal di apartment. ^o^
view dr lantai 11 apartment waktu siang hari
view dr lantai 11 apartment waktu malam hari
tdnya mau berenang disini tp gk jadi :'(

sheila dan tere nih yang lg bersih2, gw sama eci? udah kelar duluan dong! hahaha
narsis dulu bro and sis!! hahahaha

hajaaaarr terus sebelum memory habis
sembari nungguin MRT dtg kita selfie lagi
Sampai di bandara, tere check-in di terminal 3. Jadi kami jalan kaki dr changi station (tempat kami turun dr MRT) ke terminal 3. setelah anterin tere check-in, kami pun jalan2 di bandara dr terminal 3 ke terminal 1 menggunakan skytrain.

nganter Tere ke counter check-in maskapai Garuda Indonesia di Changi Airport

fisheye merajalela nih

punya feeling eci lg fotoin dan balik badan, tadaaaaa!!

kalau kata anak gaul : "anak muda kekinian"
menjelang imlek jd hiasan ornamennya banyak lampion dan kembang api

ada minnie dan mickey mouse

nungguin skytrain

chinatown station
Setelah cukup puas keliling bandara dan waktu semakin sore, gw dan 2 tmn gw (sheila dan eci) pergi ke hostel untuk check-in di kawasan chinatown. Kami menuju ke chinatown menggunakan MRT. Dari changi station > pindah MRT di tanah merah station > bugis station untuk pindah jalur > chinatown station. Tanpa pikir panjang langsung gw memandu ke-2 tmn gw untuk menuju hostel. Sampai di hostel kami langsung check-in dan memberikan uang deposit S$10 (dikembalikan ketika check-out hostel).

Tadaaaaaaaaa kami pun masuk ke kamar yg kami pesan dan alangkah shock nya kami karena kamarnya sempit pake banget. *menangis tanpa air mata*. LMAO!! Ya sudahlah ya toh numpang tidur 1 malam doang dan memang kami jg menghabiskan waktu di luar hostel untuk jalan2. Hostel jg hanya utk menyimpan barang. Di hostel ini kami mendapat fasilitas seperti dapur, wifi super kenceng (ini nih yg penting banget), handuk, dll.

nih kamar hostelnya sempit, tp untungnya ada ACnya
iseng aja mau browsing via komputer yg ada di hostel

Istirahat sebentar dan perut kami pun terasa lapar. Akhirnya gw ajak makan di chinatown food street. Gw makan seharga S$6. Setelah itu kami walking tour daerah chinatown. Sudah semua tempat dijelajahi kami bingung mau kemana lg. Akhirnya lanjut walking tour ke daerah clarke quay. Iya gw pikir tuh bakalan beda tempatnya mana pake nyasar pula lg jalan kesana. Gara2 gw ikutin google maps nih!!! Coba dari awal gw gunain tripadvisor yg memang udh gw siapin dr awal pasti gk nyasar!! Gw jd muter2 jalannya buat sampai ke clarke quay. Dan kaki dan betis gw semakin gempor!! Di perjalanan gw kebelet men!! Tmn2 gw juga, udah setengah jalan dan akhirnya gw ketemu seperti ruko2 gitu dan ada toilet umumnya. Gw masuk dan sumpah ya gw pikir bakalan bersih ternyata astagaaaaaaaa sainganlah ya sama toilet umum di jakarta. Kotor dan bau. Dan sudah gk layak sih menurut gw. Masa iya gk ada yg bersihin sih! 1 lg, kata siapa singapura bersih? Gk semua tempat di singapura itu bersih. Udah gitu aja sih menurut gw. Banyak sampah2 berserakan jg tp memang masih jauh lebih bersih drpd di jakarta.

chinatown visitor centre di belakang Buddha Tooth relic temple
selfie di depan Buddha Tooth relic temple
south bridge road di chinatown

Chinatown food street

selfie lagi de depan gerbang chinatown singapore
Sri Marriaman temple, kalau jalan ke kanan menuju masjid jamae dan pagoda street, kalau ke kiri menuju chinatown food street dan buddha tooth relic temple
Kami pun melanjutkan perjalanan dan nyampe di clarke quay station!!! Gila bahagia bgt gw, di otak gw wih kita udh dekat nih. Ternyata!!! Perkiraan gw salah besar. Gw jauh dr pusat wisatanya. Gw liat tampang eci dan sheila udah kelelahan akhirnya duduk2 di lobby clarke quay central. Ngeliat waktu semakin malam jg gw akhirnya ajak mereka utk lanjutin perjalanan. Eh ketemu starbucks!!! *Wajah bahagia terpancar* deketin buat cek harga dan harganya 2 kali lipat harga di jakarta. BATAL BATAL BATAL!!! Jadi kami lanjutin jalan lg. And you know what? Kami kembali ke raffles place lg. Awalnya gk ngeh karena pas hari pertama itu kan kesana nya siang jd gk ada kafe dan bar yg buka. Eh pas malam ternyata!!! SWT bgtlah.
perjalanan menuju clarke quay
karena kebelet, kami singgah di taman ini untuk mencari toilet umum, dapat sih tp toilet utk prianya menjijikan!!! sumpah deh jorok bgt ._.
entah di depan apa ini gw juga lupa
nyasar sampai kesini
meski nyasar tetap eksis ya
pinggiran sungai singapore

Kami akhirnya melepas lelah dengan duduk2 di bangku di pinggir quay boat sambil menikmati pemandangan perahu2 yg dihiasi lampu lalu lalang. Lewat tengah malam, kami memutuskan untuk pulang. Tadinya sih pengen ngajakin lg buat jalan tp udah gk tega ngeliat tmn2 gw yg kelelahan. Di dekat situ ternyata ada MCD, dan kami pun membeli makanan utk di santap di hostel. Jgn mengharapkan ada nasi ya disini. Sama sekali gk ada nasinya. Jd gw sama sheila beli paket MCD yg isinya 2 french fries (medium), 2 coca cola (medium), dan 2 chicken burger. Semua itu harganya S$10 jadi kami masing2 membayar S$5. Karena takut nyasar lg, gw pake tripadvisor gw utk nunjukin jalan pulang. And you know? It was really closed!!! Kambeng bangetlah. Nyampe hostel langsung masuk kamar dan istirahat, makan, beres2 dan tidur.


Note:
  • Makan tengah malam S$6
  • Makan pagi S$4,7
  • Makan siang S$6
  • Makan Malam S$5
  • Total pengeluaran hari ke-3 adalah S$21,7 × 9500 = Rp 206.150,-


DAY 4

Gak terasa udah hari ke-4 aja nih, huh sumpah waktu di singapura itu cepet banget kayaknya muternya!! Kesel jg gw jd gk berasa gitu tau2 udah ganti hari aja. Di hari terakhir ini kami bangun jauh lbh awal drpd ketika kami di apartment kemaren. Jam 5 di singapura (jam 4 subuh di Indonesia) kami sudah bangun dan sudah siap2 buat jalan untuk membeli oleh2 yg kmrn gk dapat di lucky plaza. Gw menyarankan untuk ke mustafa centre. Karena waktunya mepet bgt dengan jam check-out hostel jam 11.00 dan jadwal check-in jam 13.50, jd gw bilang kita mesti berangkat pagi2. Terus mereka bingung dan bertanya "emang udah buka pagi2 ntar sampai sana tutup lg?", dgn santai gw jawab "tenang itu bula 24jam kok".

Beres2 sampai jam 6.30 gw dan yg lain berangkat menuju mustafa centre yg letaknya ada di farrer park. Jd kami menuju ke farrer park station. Dan nyampe di mustafa centre sekitar 8.00, itu artinya kami hanya punya waktu 2 jam utk berbelanja karena jam 10 kami harus kembali ke hostel. Lagi pula kami blm makan apa2 dari pagi. Gw gk berani makan di daerah sana soalnya takut fail lg rasanya. Hahahaha. Ya gw sih hanya beli 2 coklat doang, gw beli coklat cadbury eclairs seharga S$4,5 dan ferrero rafello seharga S$1,2 (gw hanya bayar S$0,5 sisanya di traktir sheila) karena penasaran tmn gw sampai nitip banyak bgt.


farrer park station ada di bawah city square mall
udahlah ya gk usah dijelaskan apa2 lagi
front of mustafa centre, the most area for buying a merchandise with low price!
penunjuk arah lokasi mustafa centre gampang bgt buat nemuinnya, exit H from farrer park station then walking to serangoon road

Waktu udah nunjukin jam 10.00, kami pun pulang ke chinatown. Karena lapar kami tidak langsung pulang ke hostel tp kami langsung melangkah ke chinatown food centre. Padahal sudah jam 10 lewat loh tp susah banget mencari toko yg buka!! Akhirnya ketemu 1 resto yg harganya masih wajar sih jd kami makan disana. Biaya makan + minum gw S$7,4. Sangat disayangkan menu makanan yg gw inginkan belum tersedia a.k.a belum siap. Jadi gw makan chix macaroni dan minum iced tea.
sarapan di resto Ah Huat di chinatown food street
iced tea dan chix macaroni S$7,4

Setelah mengisi perut kami pulang ke hostel untuk mengambil barang dan langsung check-out. Uang deposit ketika check-in kemaren kemudian dikembalikan kepada kami. Karena barang bawaan kami lumayan berat, setelah check-out kami langsung menuju bandara. Kami memutuskan untuk menunggu di bandara Changi saja sampai jam check-in di buka. Sekitar jam 13.00 kami pun menuju counter untuk check-in Jetstar di terminal 1. Kemudian kami menuju ruang tunggu di gate D36 kami melewati imigrasi dan untuk sampai ke ruang tunggu ternyata jauh juga!! bisa dikatakan di ujung. Ketika boarding, tas dimasukan ke mesin x-ray lg, dan hal yg menyebalkan terjadi!! tas gw disuruh buka. Gw jg gk ngerti barang apa yang sampai bikin gw harus buka tas gw!! terus petugasnya periksa tas gw dengan mengeluarkan isi tas gw 1 per 1 (dalam hati gw, anjiiirrrr nih org, gw udah nyusun bener2 malah lu keluarin lg dan gw mesti beresin lg). Dan begonya barang yg di cari gk ditemukan di tas gw. kan bikin kerjaan buat gw jadinya!! dasar rese!! setelah melewati pemeriksaan itu langsung naik ke pesawat dan gk lama pesawat kami pun take off menuju bandara soekarno hatta.

counter check-in jetstar di terminal 1 changi airport

di depan ruang tunggu

menunggu di depan ruang tunggu D37 demi colokan listrik

Note:
  • Coklat cadbury eclair S$4,5
  • Coklat raffelo S$0,5
  • makan siang S$7,4
  • Total pengeluaran hari terakhir S$12,4 × 9500 = Rp 117.800,-
Total biaya keseluruhan (all in) selama 4 hari 3 malam :
Rp 1.173.762 + Rp 229.719 + Rp 399.000 + Rp 571.900 + Rp 206.150 + Rp 117.800
adalah Rp 2.698.331,-

Dengan rincian:
  • Tiket pesawat PP Rp 944.583,-
  • Uang penginapan 1 hari Rp 229.719,-
  • Biaya di Indonesia Rp 309.000,-
  • Pengeluaran selama 4 hari 3 malam sebesar S$136,3 × 9500 = Rp 1.294.850,-
Itu artinya uang yg gw bawa S$160 itu masih bersisa sekitar S$23,7. Jelas aja murah kan kalian nginep di apartment! Jadi gratis. Dan teman2 gw juga sempet ngeledekin sih dengan bilang "gile nginep di apartment, tapi GRATISAN", tp gw anggap angin lalu sih toh dalam hati gw mereka jg pengen kayak gitu. hahahaha. Sekarang gw rincikan andai kata gw gk nginep di apartment. berarti gw nginapnya 3 hari di hostel. Berarti gw tambahkan 2 kali lg dr harga hostel Rp 229.719,- /malam, jadi gw tambahin Rp 459.438,- sehingga totalnya jadi Rp 3.095.500,- tapi jadi lebih murah (dikurangi biaya MRT dan bus) karena hostel kami itu sendiri dekat ke objek wisata sehingga cukup jalan kaki untuk menempuhnya.

Akhirnya di passport gw ada cap singapore juga. hahahaha. Singapura itu bersahabat bgt kok buat kalian2 yang baru pertama kali ke luar negeri. Disana juga sangat nyaman untuk berjalan kaki. Malas jalan kaki? silahkan keluarkn uang anda untuk naik MRT/bus disana. Naik MRT itu gampang pake banget banget!! palingan yg agak bingung nanti ketika mau keluar dari station aja sih, karena ada beberapa station yang pintu keluarnya banyak banget. Intinya cari tau tujuan kalian kemana, patokannya apa. Pasti nyampe kok. hahahaha.

cap imigrasi indonesia dan singapura
Sekian pertualangan gw selama di singapura, gk semua kejadian gw ceritakan sih. kepanjangan entar. hahahaha. Gak sabar gw pengen bisa kembali ke singapura lg, kenapa pengen balik? banyak alasan untuk selalu kembali kesana. ^o^

~HAPPY HOLIDAY~
Tere, Sheila, Ferry dan Eci